Sunday, March 11, 2012

Ulangan Tengah Semester 2 Bag 1

Tanggal 5 Maret 2012 sekolahku melakukan ulangan tengah semester 2. Tapi sebelumnya sekolahku sudah melaksanakan  ulangan tengah semester untuk mata pelajaran yang lain seperti bahasa Jawa, Seni Rupa, Seni Musik. Pada Senin 5 Maret mata pelajaran yang keluar yaitu IPS Geografi dan IPS Ekonomi, IPS singkatan dari Ilmu Pengetahuan Sosial.
 Saat sebelum UTS atau ulangan tengah semester aku belajar lebih sungguh-sungguh untuk pelajaran Geografi karena kebanyakan materinya memerlukan hafalan yang cukup banyak.
Untuk materi IPS Geografi tidak terlalu mudah, bab yang dipelajari yaitu tentang Peta,Atlas dan Globe, juga tentang lapisan atmosfer di bumi. Untuk pelajaran IPS Ekonomi aku lebih santai dalam belajar karena pelajarannya mudah dan hafalannya mudah. Materinya yaitu kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi dan tentang tenaga kerja.
Sehari sebelum UTS aku sudah mempersiapkan catatan yang selama ini aku pelajari sendiri karena hari-hari sebelumnya aku menderita penyakit ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Atas yang menyerang tenggrokan, jadi selama aku sakit di sekolahku guru-guru menjelaskan kisi-kisi materi UTS yang keluar sehingga aku harus memahami sendiri pelajaran tersebut.
 Selama hari-hari menjelang UTS aku disuruh ibuku untuk mengurangi waktuku untuk baca buku selain pelajaran agar lebih konsentrasi dalam belajar. Saat UTS soal-soal yang kukerjakan saat itu ternyata cukup sulit dan membuatku cemas akan nilai hasil UTSku tapi aku percaya pasti bisa mengerjakannya. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan yaitu 1 jam, mulai pukul 07.00-08.00. Tak terasa waktu seperti hanya 1 menit karena pengawas sudah mulai melihat kalau waktu sudah habis dan lembar jawab dan soal sudah mulai dikumpulkan.
 Dan akhirnya selesai sudah aku mengerjakan mata pelajaran IPS Geografi. Selama UTS waktu istrihat lebih lama dari biasanya yaitu 30 menit, aku menggunakan waktu istirahat untuk melihat sekilas materi pelajaraan selanjutnya yaitu IPS Ekonomi. Lalu bel berbunyi tanda waktu istirahat sudah selesai, aku pun segera menutup buku dan segera kembali ke ruang kelas.
UTS selanjutnya pun dimulai , keringat dingin mulai mengucur, ternyata soal IPS Ekonomi sangat sulit sehingga aku gugup dalam mengerjakannya. Sesudah bekerja keras menjawa soal waktu pun habis soal dan jawaban dikumpulkan dan peserta UTS termasuk aku keluar dari ruang kelas, itulah pengalaman UTS ku di hari pertama.

No comments:

Post a Comment